Apr 17, 2010

Sebuah Buku Ungkap Tenggelamnya Kapal Titanic

Kru Titanic menyia-nyiakan waktu 45 menit sebelum mengirim sinyal SOS, setelah kapal menabrak bongkahan es. Hal itu sebagai penyebab korban kapal mewah itu sangat banyak.

Kapal uap penumpang terbesar di dunia tersebut menabrak sebuah bongkahan es dalam perjalanan perdananya yang mewah dari Southhampton Inggris ke New York pada bulan April 1912, dan tenggelam dengan korban 1517 nyawa.

Dalam sebuah buku yang ditulis oleh Tim Maltin mengatakan bahwa Titanic membuang banyak waktu untuk mengevaluasi kerusakan dari tabrakan, padahal sebuah kapal laut lain yang berada di dekatnya bisa membantu menyelamatkan.

Buku yang berjudul ‘101 Hal Yang Tidak Diketahui Tentang Titanic’, mengklaim tidak ada tanda bahaya yang dikirimkan dari kapal yang hampir hancur tersebut selama 47 menit, karena petugas kapal menginginkan bencana tersebut tidak terekspos ke publik.

Maltin mengatakan “Mereka (petugas kapal Titanic) mempertimbangkan aspek humas dari peristiwa tabrakan tersebut, baik kapal akan tenggelam atau tidak karena mereka lebih memilih diam, maka ada keterlambatan pemberitahuan.”

Dia juga mengatakan perintah untuk pergi ke perahu penyelamat diberikan bersamaan dengan sinyal SOS dilepaskan.

“Mereka terlalu lama melihat kerusakan, tetapi bagi saya tampaknya mereka tidak ingin mengirim pesan SOS.”

sumber: inilah.com



0 tanggapan:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda disini