Mar 22, 2010

Wanita Merasa Dilecehkan oleh Godaan Pria

Secara reflek, pria kerap melontarkan godaan saat melihat wanita cantik atau seksi melintas di depannya. Padahal, wanita menganggap godaan tersebut adalah bentuk pelecehan, dan merusak harga diri gender-nya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Sex Roles telah menemukan kaitan godaan pria terhadap pandangan wanita. Penelitian yang dihelat Stephenie Chaudoir dan Diane Quinn dari University of Connecticut di United States tersebut meneliti perasaan dan reaksi wanita terhadap kata-kata godaan pria.

Penelitian melibatkan 114 mahasiswi yang diminta untuk menonton video berupa para pria yang tengah menggoda wanita. Mereka diminta memposisikan diri sebagai wanita yang tengah digoda. Kemudian, mereka diharuskan memberi nilai terhadap tingkat kegelisahan, depresi, kemarahan, dan ketakutannya terhadap kaum pria.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa selain merasa marah, wanita cenderung memikirkan godaan pria sebagai penghinaan terhadap gender mereka. Perasaan ini memberinya motivasi lebih besar untuk mengambil tindakan langsung kepada pria, secara keseluruhan. Mereka berkeinginan untuk melawan sikap para pria dan menjauhi mereka.

“Mereka menderita konsekuensi negatif, secara langsung dari prasangka dan tujuan para pria yang menggodanya,” kata peneliti.

Lebih lanjut, konotasi seksi di mata pria yang sering kali dialamatkan pada teman wanitanya, tidak selalu membuat kaum wanita merasa tersanjung. Yang ada justru bisa menimbulkan prasangka. Lho?

"Konotasi seksi juga merugikan kaum pria. Setiap kali seorang pria melakukan tindakan tersebut, maka ini akan dikaitkan dengan identitas gender. Dampak perilaku pria terhadap cara mereka memandang wanita, akan berdampak pada pandangan wanita secara umum,” tukas salah satu peneliti.

Sumber : Okezone


0 tanggapan:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda disini