Mar 18, 2010

Akhirnya Facebook Kalahkan Google

Facebook mengalahkan Google sebagai situs yang paling sering dikunjungi pada 13 Maret lalu. Analis situs firma Experian Hitwise menyatakan lompatan kunjungan ke Facebook sudah terjadi sejak akhir tahun lalu.

"Ini menunjukkan sharing isi menjadi kekuatan online,’ kata Matt Tatham, direktur hubungan media Hitwise. "Orang ingin informasi dari teman terpercayanya, dibandingkat pencarian informasi melalui mesin pencari."

Dalam laporan Hitwise, Facebook memuncaki trafik menjelang Natal, Hari natal, dan Tahun Baru, ketika orang mengakses untuk mengirimkan ucapan. Titik-titik puncak Facebook juga terjadi pada 6 dan 7 Maret. Pengunjung situs jejaring sosial pekan ini meningkat 185 persen pada pekan sama tahun lalu, sedangkan pengunjung Google meningkat hanya 9 persen. Facebook dan Google diakses sekitar 14 persen pengunjung internet di Amerika Serikat pekan lalu.

Dengan perkembangan dan pengguna lebih dari 400 juta, Facebook diperkirakan akan serga menjadi tujuan utama pengguna web. Dimana Google sebagai mesin pencarian, Facebook menjadi alat komunikasi dengan teman, dan lebih sering menjadi media bermain game.

Dari 14 persen pengakses internet di Amerika Serikat, Facebook mengambil 7.07 persen pengakses, dan Google menerima 7.03 persen akses. Studi ini berdasarkan perbandingan pengakses Facebook.com dan Google.com – tak termasuk, contih, Situs Google seperti Gmail.com.

"Ini merupakan momen besar bagi Facebook, meskimereka mengalahkan google dengan selisih sangat kecil," kata Tatham seperti dikutip dari CNN.

Facebook tak pernah mengalahkan Google dalam sepanjang waktu sepekan, tapi bisa melonjak pada tiap hari libur, atau akhir pekan. Tapi secara keseluruhan layanan Google seperti Google Maps dan YouTube, memperoleh 11.03 pengunjung. Yahoo diperingkat kedua dengan 10.98 persen.

Google.com menjadi pemuncak situs per pekan sejak 15 September 2007, ketika mengungguli jejaring sosial MySpace.Com yang mendominasi akses selama beberapa tahun. "Secara alami, Web selalu berubah," kata Tatham.

Dalam penelitian lain, jejaring sosial menjadi media alternatif dalam penjualan produk. Penelitian dari Chadwick Martin Bailey dan iModerate Research Technologies menemukan, dari 1500 pelanggan, 60 persen dan 70 persen pelanggan pemilik akun Facebook dan follower Twitter. Sebanyak 51 persen fan Facebook dan 67% persen follower Twitter senang membeli barang dari mereka yang diikuti.

Sebanyak 400 juta orang diperkirakan pemilik akun Facebook. “Ini sangat penting dan hanya perlu mengeluarkan biaya realtif kecil tapi berpengaruh langsung pada penjualan,” kata Josh Mendelsohn, wakil presiden Chadwick Martin Bailey.

Aktivitas harian Facebook diperkirakan mencapai 20 juta dari 400 juta pemilik akun. Adapun Twitter memunculkan 50 juta twit per hari. Penelitian terakhir diperoleh dari 1,504 prang berusia diatas 18 tahun pada Februari 2010.

Sumber : Tempo


2 tanggapan:

  1. wah facebook. blogger aja deh yang no 1.. hehehe. dari pada cuma komen sana komen sini g ada info positif.

    SAY NO TO FACEBOOK.

    ReplyDelete
  2. iya sih facebook mesti di buka ma orang di mana aja. dari kompi sampe HP. semua facebook

    salam kenal sob

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda disini