Oct 2, 2008

Masih seputar mudik

Mudik menurut wikipedia adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya.Mudik juga identik dengan tradisi yang biasa dilakukan  bersamaan dengan  hari raya besar keagamaan.Dalam masyarakat jawa tradisi ini seakan2 sudah menjadi hal yang mutlak dilakukan bila lebaran tiba kalau ga mudik, rasanya  ada yang kurang.kesempatan setahun sekali untuk berkumpul keluarga terutama sungkem pada orang tua.

Semakin banyaknya populasi penduduk dengan kepentingan yang sama sementara sarana umun terbatas tak pelak lagi kemacetan di jalan2 umum, antrian di loket ga bisa dihindari, dan orang pun rela melaluinya demi mudik, mungkin rasa letih, lelah , kesal, rindu akan terobati sesampainya di tempat tujuan.

Rutinitas tahunan yang melibatkan banyak orang dari berbagai kalangan ini juga menyedot perhatian dari berbagai pihak terutama dari instansi departemen perhubungan yang punya tugas mefasilitasi transportasi umum , pak polisi untuk mengatur lancarnya lalulintas jalan raya dan banyak lagi, juga tidak ketinggalan dan tentunya mereka ga mau ketinggalan yaitu segelintir orang yang memanfaatkan sikon dengan berbagai aksi kejahatan copet dan keronco2 nya, maka dari itu meminjam pesan bung napi, WASPADA LAH... Kejahatan dan penipuan ada dimana2, semua  dapat  terjadi  karena ada kesempatan dan peluang !!

Tak sedikit juga kecelakaan lalulintas  terjadi karena jalan terasa sempit  yang akhir2 ini di dominasi kendaraan berroda dua, bisa saling senggol dan akhirnya terjatuh, emang perlu kiat2 khusus untuk mengatisipasi hal2 tersebut diatas baik yang memakai transportasi umum maupun kendaraan pribadi, yang paling penting jangan lupa berdoa sebelum berangkat.



12 tanggapan:

  1. Iya..., wlopun melelahkan tapi asyik apalagi mau ketemu orang tua dan saudara2 dirumah... :)

    ReplyDelete
  2. iah yang penting kalo mudik tetep kudu ati2...salam kenal boss :)

    ReplyDelete
  3. Mudik selalu jadi pelepas dahaga kerinduan...

    ReplyDelete
  4. kayaknya mudik sudah merupakan masyarakat indonesia mas..

    mungpung masih suasana lebaran " Met Lebaran "

    ReplyDelete
  5. beruntunglah orang yg tak pernah mudik,hahahaha....

    ReplyDelete
  6. ga mudik neh, maap lahir bathin ya

    ReplyDelete
  7. maap lahir bathin ya mas, saya ga mudik neh

    ReplyDelete
  8. reza nggak mudik-mudik dari dulu nih

    ReplyDelete
  9. Saya sudah menjalani rutinitas sebagai buruh lagi. Liburnya kok cepet banget ya.
    Mudik emang bikin cuapek. Nggak biasa macet sampai berjam-jam, tiba-tiba ikut-ikutan macet. Kaki ini rasanya mau copot.

    ReplyDelete
  10. Salam kenal bang... Maaf lahir batin juga (mumpung syawal :D )

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda disini