May 6, 2010

Hii... 2 Kg Cacing Ditemukan di Perut Bocah

Anak berusia 11 tahun warga Kecamatan Cipongkor, Bandung Barat, kini tergolek lemas di Rumah Sakit Cibabat, Cimahi, Jawa Barat. Dia harus dirawat intensif setelah dokter menemukan lebih dari dua kilogram cacing dari perutnya.

Sebelum dibawa ke rumah sakit, anak ini terus-terusan merasakan sakit perut dan susah buang air besar. Berbagai obat diberikan kepadanya tapi tak kunjung sembuh. Akhirnya bocah ini dibawa orang tuanya ke Rumah Sakit Cibabat, Cimahi.

Di rumah sakit kemudian diobservasi dan langsung masuk ke ruang operasi dengan dugaan penyumbatan usus. Saat dioperasi inilah, dokter menemukan banyak sekali cacing berkembang biak di perut anak ini. Yang lebih memprihatinkan orang tua anak ini mengaku anaknya sudah lama menderita cacingan, bahkan saat anak ini batuk pun cacing keluar dari mulutnya.

Namun, orang tuanya tidak menyangka cacing di perut anak mereka sebegitu banyaknya.

"Pernah dulu dikasih obat cacing, baru sekali. Ya setahun sekali gitu. Pernah itu dia keluar cacingnya, sebelum diobati juga sudah keluar dari muntah," kata Dadang Yusuf, ayah si bocah.

Dokter yang menangani kasus ini menyatakan, cacing di perut anak ini sudah berkembang biak dalam jangka waktu lama. Ini diduga kuat karena pola hidup dan sanitasi yang tidak sehat serta asupan gizi yang kurang.

"Jenis cacing astarit, mengganggu juga," jelas Rd Didit B.S, dokter bedah RS Cibabat.

Dokter menambahkan, meski cacing sudah begitu banyak dikeluarkan, namun di tubuh anak ini masih tersisa cacing dan telurnya sehingga obat cacing harus terus diberikan.

sumber: Okezone


1 tanggapan:

  1. Sampai saat ini masyarakat masih terpaku dng pemberian obat cacing 1 thn sekali.
    padahal kalau cacing tersebut dipelihara, usia 2 minggu setelah menetas menjadi larva cacing ,dalam 2 minggu cacing cacing tersebut sd menjadi dewasa dan bertelur kembali, coba dibayangkan betapa banyaknya cacing tsb didlm tubuh mahluk hidup.
    Cacing terbagi dalam 2 bagian. yaitu :
    - Cacing jaringan pencernaan. (bisa dibasmi dng obet cacing jenis pirantel)
    - Cacing cacing jaringan tubuh,diantaranya cacing hati, empedu, jantung,paru,Otak,Hidung, nah jenis cacing jaringan tubuh sampai saat ini tdk dapat diprediksi dengan melihat cacing tsb dari kotorannya,

    Jenis cacing cacing jaringan tubuh hanya bisa dibasmi dengan menggunakan obat cacing yang berbahan baku Albendazole + levamisole.
    memang jarang terjadi kejadian ini pada mausia,spt beberapa waktu terjadi anak manusia diserang cacing pada otaknya.

    Namun pada hewan banyak menjadi kenyataan ini. diantaranya, terjadi pada sapi, babi, onta dan anjing.

    Namun obat cacing ini masih sangat belum dikenal masyarakat luas, dan memang sangat langka dipasaran.karna kita masih terpaku dng merek yang ada dipasaran yang berjenis bahan baku pirantel yang jhanya membasmi cacing pencernaan saja (cc kecil)

    Terjadinya cacing cacing jaringan tubuh:
    Awalnya larva cacing yg sangat halus menembus dinding usus dan ikut keperedaran darah dan hinggap di paru serta jantung dan yg lainnya. disanalah mereka berdiam dan berkembang biak menjadi cacing dewasa,

    Namun sampai saat ini belum ada Jenis obat cacing apapun yang dapat membasmi telur cacing. Berarti yang kita matikan hanyalah cacing cacingnya ssaja.

    Makanya jangan heran kl sampai terjadi seperti itu. Jangan takut minum obat cacing.
    obat cacing termasuk obat anti inflamasi.
    sifat obat cacing hanyalah vermisit dan vermifuga
    bila dosis lebih kecil dari berat badan, cacing akan keluar utuh, dan bila disis sesuai dng berat badan cacing keluar dng hancur.

    tinggal pilih takut obat cacing atau takut cacing.

    http://darrylkosambipet.com

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda disini