Jun 23, 2012

Kamera Super Dengan Resolusi 50 Gigapixel

Kamera Super Dengan Resolusi 50 Gigapixel
Sejumlah ilmuwan gabungan 3 universitas di As telah berhasil mengembangkan sebuah alat baru berupa kamera dengan resolusi yang luar biasa 50 gigapixel atau 50.000 megapixel, dimana kamera yang masih prototip ini Sistem optiknya sendiri terdiri dari lensa 6 cm dan 98 buah micro-camera yang masing-masing mengusung sensor 14 megapixel. Sementara selama ini dunia fotografi mengenal kamera Hasselblad H4D-200MS sebagai kamera yang memiliki resolusi tertinggi dengan 200 megapixel.

Kualitas gambar yang dihasilkannya lima kali lebih jelas dibanding yang terlihat oleh mata orang dengan tingkat penglihatan 20/20.Diklaim, image yang dihasilkannya lewat sekali jepret bakal 1000 kali lebih detail dari sebagian besar perangkat kamera yang ada saat ini.

Kelompok yang mengembangkan kamera itu dipimpin oleh David Brady, profesor teknik elektro di Universitas Duke, bersama para ilmuwan dari Universitas Arizona, Universitas California. DARPA juga mendukung penelitian ini, militer memiliki minat dalam pengolahan citra yang lebih baik dan dalam beberapa dekade terakhir, telah mempelopori pengembangan alat pencitraan canggih. Namun kamera seperti ini sangat berguna untuk bidang astronomi.


Kamera Super Dengan Resolusi 50 Gigapixel


"Tiap-tiap kamera akan menangkap gambar secara individual dan kemudian prosesor di kamera akan menggambungkan gambar atau foto yang terekam," kata David Brady.

Brady menjelaskan detail dari objek yang difoto mungkin tak bisa dilihat dengan mata telanjang, namun bisa dilihat setelah foto dicetak.

Tipe awal AWARE2(nama kamera ini) berukuran 76 x 76 x 51 cm dengan berat 45kg, yang secara fisik jauh lebih besar dari kamera kebanyakan saat ini."Memang ukuran kamera yang kami kembangkan masih sangat besar karena komponen elektronik belum bisa dikecilkan dan kami juga perlu sistem pendingin khusus," kata Brady.

"Namun seiring dengan perkembangan teknologi, kami yakin kamera super ini nantinya akan seukuran kamera-kamera kecil seperti yang ada di pasar dewasa ini," tambahnya.


0 tanggapan:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda disini