Jun 20, 2012

Microsoft Mencoba Peruntungan Di Dunia Tablet PC

Microsoft Mencoba Peruntungan Di Dunia Tablet PC

Persaingan ketat tablet PC kini memulai babak baru dimana Android dan iOS kedatangan rival baru dari platform yang selama ini merajai dekstop PC. Lewat sebuah acara konferensi pers yang dilaksanakan di Los Angeles, Amerika Serikat, Microsoft secara resmi memperkenalkan tablet baru miliknya yang menyandang nama Microsoft Surface.

Tablet ini adalah komputer pertama dalam sejarah yang mengusung merek Microsoft. Surface dilengkapi dengan papan tik dan fitur-fitur lain yang dimaksudkan untuk mendobrak dominasi Apple di sektor ini.

CEO Microsoft Steve Ballmer memperkenalkan tablet itu kepada para jurnalis. Produksi komputer tablet adalah taktik bisnis baru yang terpaksa diambil Microsoft, setelah raksasa peranti lunak itu harus bergegas memperkecil ketertinggalan di pasar peranti mobile.

Menurut Microsoft, model Surface yang terkecil memiliki ketebalan 9,3 milimeter dan berbobot 675 gram. Ini sekelas dengan Apple iPad, yang tebalnya 9,4 milimeter dan beratnya 653 gram. Tapi Surface memiliki layar 10,6 inci atau sedikit lebih besar dari iPad, dengan layar 9,7 inci. Layar berukuran 10.6 inchi ClearType HD ini permukaannya telah dilapisi Corning Gorilla Glass 2 seperti pada smartphone Galaxy S III.

Microsoft Mencoba Peruntungan Di Dunia Tablet PC

Microsoft Surface sendiri hadir dengan dua model yang spesifik. Tablet pertama, akan didukung oleh prosesor Intel 22nm Ivy Bridge yang bakal memberikan kepada penggunanya pengalaman 'full Windows' dari OS Windows 8 Pro. Sementara tablet satunya akan hadir dengan chipset ARM yang akan menjalankan sistem operasi yang dikhususkan untuk tablet Windows 8 berbasis ARM, yang dikenal sebagai Windows RT.

Fitur Surface yang unik adalah tutup magnetnya yang dapat berfungsi sebagai papan tik. Tablet ini juga memiliki sandaran sendiri. Microsoft masih belum mengungkap apakah tablet ini bisa terkoneksi dengan jaringan data seluler, atau hanya bisa memakai Wi-Fi.

Sejumlah aplikasi populer dari Microsoft bakal dijejali di tablet Surface, termasuk Xbox live, dan juga aplikasi bawaan Netflix. Perangkat juga dilaporkan bakal dilengkapi dengan port USB 2.0, HDMI, serta kamera yang terletak di bagian belakang maupun di depan perangkat.

Menurut Boy Genius Report, tablet Surface yang menjalankan Windows 8 Pro bakall datang dengan pilihan memori internal berkapasitas 64 GB dan 128 GB. Adapun model Windows RT, bakal hadir dengan dua pilihan kapasitas memori 32 GB dan 64 GB. Sementara untuk harga tablet Surface sendiri masih menjadi misteri, semoga saja setara dengan tablet lain di kelasnya.

Dengan memproduksi tablet sendiri, Microsoft menempuh jalan yang berisiko. Tablet baru ini berpotensi mengikis penjualan komputer tablet buatan pihak ketiga yang juga memakai peranti lunak Windows. Microsoft kini merambah lahan yang dikuasai produsen peranti keras seperti Dell, Hewlett-Packard, dan Lenovo. Ikatan bisnis yang dijalin Microsoft dengan para produsen itu bisa terancam.


Spesifikasi Surface Pro dan RT

OS: Windows 8 atau Windows RT
Prosesor: Intel atau ARM
Storage: 64 dan 128 GB serta 32 dan 64 GB
Display: 10,6 inci (ClearType HD Display)
Tebal: 13.5 mm dan 9,3 mm
Berat: 903 gram dan 676 gram
Baterai: 42 dan 31,5 watt jam


0 tanggapan:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda disini