Jun 20, 2012

Terkuak Rahasia Gigitan Maut Komodo

Terkuak Rahasia Gigitan Maut Komodo
Komodo merupakan binatang yang bisa bertahan hidup di Indonesia dalam waktu yang cukup panjang disaat di negeri lain ga bisa bertahan sehingga binatang ini menjadi ciri khas di negeri ini, gigitannya  konon mempunyai kemampuan mematikan untuk korbannya bahkan hewan yang jauh lebih besar dari tubuhnya sendiri, misalnya kerbau.

Hal ini membuat para ilmuwan luar negeri tertarik untuk mengungkap lebih jauh rahasia di balik gigitan mautnya itu. Para peneliti dari University of Texas, AS, mengungkapkan jurus komodo melumpuhkan lawannya terdapat pada bakteri penyebab infeksi yang terdapat pada air liurnya.

Bakteri ini akan semakin kuat setelah menyebar dari komodo ke komodo lainnya. Bakteri ini terbentuk dari sisa sisa bangkai hewan yang menjadi makanannya sehari-hari, kemudian berkumpul dan membentuk jaringan di gigi dan air liur komodo sehingga menjadi racun yang mematikan buat lawannya.

“Bakteri ini juga tersebar menjadi epidemik dari mulut komodo ke tubuh korbannya yang melarikan diri dan menyentuh korban lainnya,” ujar salah seorang anggota peneliti.

Para peneliti menemukan dari rata-rata 58 spesies bakteri yang terdapat dalam air liur komodo, 93 persennya dikategorikan sebagai pathogenic atau dapat menyebabkan infeksi. Salah satu bakterinya, Pastuerella multocida, bahkan dapat membunuh hanya dengan menyuntikkan air liur ke dalam tubuh.

Tim peneliti menyimpulkan, bakteri sisa makanan yang menempel di gigi dan lidah komodo dapat menghasilkan racun yang begitu mematikan.


0 tanggapan:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda disini