Jul 2, 2012

Buaya Ini Tercatat Sebagai Reptil Terbesar Di Dunia

Buaya Ini Tercatat Sebagai Reptil Terbesar Di Dunia
Buaya ini dari segi ukuran memang bisa dibilang raksasa ga seperti ukuran buaya biasanya, dengan panjang 6,17 meter dengan berat 1 ton lebih membuat buaya air asin ini tercatat di Guinness Book of World Records sebagai reptil terbesar dunia.

Buaya jantan besar ini dituduh menjadi biang atas serangkaian serangan mematikan dengan menewaskan seorang gadis dan nelayan beberapa waktu lalu di Filipina selatan , buaya ini juga adalah yang terbesar yang berhasil ditangkap hidup-hidup di dunia. Reptil raksasa bernama lokal Lolong ini ditangkap September lalu di Bunawan di provinsi Agusan del Sur, Kepulauan Mindanao pada September tahun lalu, di wilayah rawa.

Otoritas Bunawan mengakui pihaknya telah menerima sertifikat resmi dari pihak Guinness Book of World Records terkait rekor dunia ini. Saat ini Lolong, nama buaya tersebut, dalam perawatan otoritas setempat di sebuah penangkaran buaya.

Sebelumnya, perburuan besar-besaran dilakukan atas buaya itu setelah hilangnya seorang bocah dan seorang nelayan.Sekitar 100 orang yang dipimpin oleh Elorde menarik buaya dari sungai menggunakan tali dan kemudian diangkat dengan derek ke truk.

Walikota Bunawan, Edwin Cox Elorde, menyatakan penangkapan buaya itu diikuti pesta seluruh warga kota. Pasalnya, selama beberapa bulan mereka dihantui penyerangan oleh buaya yang bersembunyi di rawa-rawa itu.

"Ada perasaan campur aduk," kata Elorde melalui telepon. "Kami sangat bangga karena membuktikan keanekaragaman hayati yang kaya, tetapi pada saat yang sama, ada kekhawatiran bahwa Lolong mungkin tidak sendirian."

Lolong memiliki besar tubuh lebih besar di atas buaya Australia. Pengukuran terakhir buaya Australia menunjukkan panjang 5 meter dan berat hampir 1 ton.

Dijelaskan Elorde, setiap bulannya Lolong diberi makan daging sapi, daging babi dan unggas seberat 10 persen dari berat tubuhnya. Namun akhir-akhir ini, para ahli menyarankan agar Lolong menjalani diet dengan hanya memakan 8-10 kg daging per minggunya, agar lebih aktif.

Penangkapan Lolong menjadi daya tarik wisata tersendiri. Binatang yang kini dipelihara dalam penangkaran ini telah mendatangkan pemasukan 3 juta peso (US$ 72.000) bagi kota dari tiket masuk yang sederhana di taman itu. Uang yang dihasilkan sebagian besar digunakan untuk pemeliharaannya.

Rekor dunia untuk kategori reptil terbesar sebelumnya dipegang oleh seekor buaya bernama Cassius dari Australia. Cassius tercatat memiliki panjang 5,48 meter dan berat hampir 1 ton. Sejak ditangkap di wilayah Northern Territory pada tahun 1984, Cassius dirawat di sebuah penangkaran buaya di Queensland.


0 tanggapan:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda disini