Jul 26, 2011

Casu Marzu, Makanan Berbelatung Khas Sardinia-Italia

Casu Marzu,Makanan Berbelatung Khas Sardinia-Italia
Makanan jenis keju ini selain harganya mahal juga terlarang karena beracun dan bila dikonsumsi berakibat fatal buat pencernaan, hanya bisa ditemui di pasar2 gelap ,Casu marzu (disebut juga casu modde, casu cundhĂ­du atau formaggio marcio) adalah jenis makanan tradisional asli Sardinia ,Italia lebih dikenal dengan nama 'keju belatung' atau dalam bahasa Sardinia itu sendiri Casu marzu berarti 'keju busuk'.

Sesuai dengan namanya keju ini memang berbelatung dan busuk , merupakan keju pecorino biasa makanan khas italia yang terbuat dari susu domba dan difermentasikan sehingga menjadi lebih lembut dan gurih, keju ini dijemur di  bawah sinar matahari kemudian lalat2 keju atau lalat Piophila casei datang dan bertelur di keju tersebut , telur-telur kemudian menetas keluar jadi belatung dan mulai mencerna keju tersebut dengan enzim yang dikeluarkannya untuk melakukan  proses fermentasi yang menyebabkan protein susu di keju terurai hingga akhirnya keju membusuk, dan keju pun siap untuk dihidangkan, dengan dipenuhi ribuan belatung hidup berenang diatasnya.

Casu marzu memiliki rasa yang tajam dan teksturenya sangat lunak, keju ini mengeluarkan cairan yang disebut lagrima yang berarti  'air mata', bayangkan dalam satu potong cazu marzu saja bisa terdapat ribuan belatung hidup berenang diatasnya, menurut penduduk setempat keju tersebut hanya boleh dimakan ketika belatung2 nya masih hidup, ketika belatung-belatungnya mati casu marzu manjadi busuk dan beracun.

Dalam cara penyajiannya ternyata casu marzu ga sendiri biasanya ditemani dengan makanan lain yaitu roti khas Sardinia pane carasau dan anggur merah yang tajam Cannonau. para penikmat keju ini biasa memakannya dengan menggunakan pelindung mata karena belatung tersebut bisa melompat setinggi 6 inchi bila merasa terusik dan bisa mengenai mata bila tidak dilindungi.

Makanan ini terlarang di Italia dan juga di Uni Eropa karena tidak memenuhi standar kesehatan dan tidak boleh dijual di toko-toko namun di pasar2 gelap casu marzu masih bisa ditemukan, tapi anehnya walaupun dinyatakan terlarang penduduk Sardinia telah mengkonsumsi jenis keju ini selama beratus-ratus tahun secara turun-temurun tanpa ada keluhan, bahkan sering dihidangkan pada acara2 khusus seperti pesta ulang tahun, pesta bujang dan pernikahan. keju ini masih diproduksi walaupun tidak terang-terangan dan dijual dengan harga 2 kali lipat harga keju pecorino biasa.

Casu Marzu,Makanan Berbelatung Khas Sardinia-Italia


0 tanggapan:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda disini