Oct 27, 2010

Sekilas Tentang SEO

SEOSEO adalah serangkaian proses yang dilakukan untuk menarik jumlah dan kualitas pengunjung pada suatu situs melalui search engine dengan memanfaatkan algoritma atau mekanisme search engine tersebut. Sedangkan tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs berada pada posisi teratas atau setidaknya pada halaman pertama dari sebuah hasil pencarian dengan berdasarkan kata kunci tertentu, karena dengan berada di posisi tersebut diharapkan peluang mendapat kunjungan dari pengunjung semakin tinggi.

SEO atau dikenal dengan Search Engine Optimization pertama kali diperkenalkan dan digunakan pada tanggal 26 Juli 1997, algoritma mesin pencari pada masa itu masih sederhana sehingga mudah di manipulasi, mesin pencari melakukan pencarian situs di internet hanya berdasarkan meta tag pada kode html suatu situs, meta tag berisi informasi yang terkandung dalam konten pada suatu halaman, mudah sekali dimanipulasi dengan mengisi meta tag dengan kata kunci yang sebenarnya tidak ada hubungannya dengan konten dan hal ini membuat mesin pencari merasa kecolongan karena banyak situs yang bisa berada pada posisi teratas dengan kata kunci tertentu dalam suatu pencarian sementara konten yang sebenarnya samasekali tidak ada hubungannya dengan kata kunci tersebut, dan hasil pencarian pun jadi kurang akurat.

Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut , sebuah mesin pencari yang mereka ciptakan dengan nama Backrub ( yang belakangan berubah menjadi Google) dengan menggunakan perhitungan matematika atau algoritma untuk memeringkat halaman suatu web, algoritma tersebut dikenal dengan nama Pagerank dengan system ini halaman web yang berpagerank tinggi lebih berpeluang berada di posisi teratas dari sebuah hasil pencarian. Pagerank merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.

Tokoh-tokoh SEO

Selain dari tokoh pendri google Larry page dan Sergey Brin, ada beberapa tokoh lain yang  sering pendapatnya  dijadikan acuan dan  didengar  mengenai seputar SEO ini.

Danny Sullivan, adalah seorang yang aktif menyoroti perkembangan teknologi mesin pencari, untuk itu beliau mendirikan situs web search engine watch, dan juga seorang mantan wartawan LA Times.

Matt Cutts, Programer dan juga mantan pegawai NSA (national security Agency) As, bergabung dengan google pada tahun 2001, saat ini bekerja mengepalai tim penanggulangan spam google, Matt Cutts juga adalah seorang bloger terkemuka artikel- artikel nya menjadi rujukan para praktisi seo dunia ini dikarenakan blognya sering menjdi sumber pertama informasi perkembangan teknologi mesin pencari google.

Vannesa Fox, Mantan karyawati google dikenal oleh para webmaster sebagai konseptor dan programer yang mengepalai proyek Google Webmaster Central.




0 tanggapan:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda disini