Oct 22, 2010

Kambing Nekad Panjat Tembok Curam

kambingKejadian langka yang terjadi di itali tepatnya di Bendungan Cingino di Alps Italia dengan ketinggian 48,76 meter dengan kemiringan nyaris vertikal 90 derajat. Kalau bukan semut atau cicak, rasanya tak mungkin memanjat bidang dinding securam itu, percaya atau tidak mamalia ini nekat melakukannya: kambing Alpine Ibex.

Alpine Ibex
adalah spesies kambing liar yang hidup di pegunungan Alpen, Eropa. Di kawasan ini banyak predator mengintai mereka, kambing harus lihai menjaga diri, bersembunyi ditempat tinggi adalah cara jitu untuk menyelamatkan diri. Kebiasaan berada di tempat tinggi itulah yang membuat mereka nekat memanjat bendungan tersebut, dengan penuh nyali, Ibex berjalan miring dengan empat kakinya untuk menaiki dam berdinding batu itu.





Namun memanjat tembok bendungan itu bukan untuk mencari selamat, dan mereka tak mempertaruhkan nyawa untuk pamer keahlian. Mereka memanjat untuk menjilati garam yang menempel di bebatuan bendungan. Mereka dengan gigih memanjat tembok itu selangkah demi selangkah. Memanfaatkan bebatuan sebagai pegangan.  Lengah sejenak bisa terjun bebas dan mati. Ini pemandangan menakjubkan, meski Ibex tak pernah mencapai puncak.

Foto dan video Ibex menarik perhatian blogger di seluruh dunia, salah satunya Jolle Jolles, zoologis Cambridge University. "Kambing tidak masuk dalam daftar hewan paling menarik, seperti panda, singa, atau lumba-lumba. Tapi kambing punya kemampuan luar biasa selain merumput." kata dia.



0 tanggapan:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda disini