Mar 20, 2012

Beredar Foto 3 Menteri Dengan 10 Caddy



Beberapa hari ini, di media tersebar foto-foto 3 menteri diantaranya Menteri ESDM Jero Wacik, Menteri Perumahan Daerah Tertinggal Helmy Faizal, dan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar berfoto bersama 10 caddy di Lapangan Golf Halim, Jakarta Timur. setelah bermain golf. Foto ini, dianggap tidak pantas apalagi menjelang rencana kenaikan BBM. Pihak Istana Kepresidenan pun menyayangkan sikap para menteri tersebut.

Ahli Komunikasi Dedy Mulyana menilai, tidak ada yang salah dengan foto tiga menteri bersama para caddy golf, yang belakangan mendapat kritik tajam dari beberapa politikus di DPR.

Dari segi komunikasi, menurut Dedy, tindakan Menteri ESDM Jero Wacik, Menakertrans Muhaimin Iskandar, dan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal Helmy Faishal Zaini tersebut sudah sesuai dengan konteks acaranya.

Meski demikian, dari segi etika, Dedy setuju tindakan menteri berfoto bersama gadis-gadis berrok mini itu kurang pantas. Pasalnya, hal itu justru terjadi di tengah-tengah rencana pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak.

“Kita tahu sendiri, BBM mau naik, SBY juga kurang kredibel, politik juga lagi gonjang-ganjing, enggak seharusnya seperti itu, secara esensial memang kurang etis,” katanya.

Sekertaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo sangat terkejut dengan perilaku para menteri sebagai pembantu presiden yang berpose dengan pemandu golf (Caddy) di saat negara tengah genting membahas rencana kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Menurut Tjahjo, para menteri itu tidak memiliki kepekaan sama sekali dengan kondisi masyarakat yang tengah dilanda berbagai masalah.

"Di tengah pemerintah disibukkan pembahasan APBN Perubahan dan rencana opsi kenaikan BBM serta kondisi berbagai elemen masyarakat yang masih serba kesulitan justru para menteri pembantu presiden RI memamerkan diri bergaya di sebelah wanita cantik dan sempat sempatnya bermain golf,"

Menteri ESDM Jero Wacik membantah bahwa foto dia bersama 2 meteri lain dengan 10 caddy, merupakan sesuatu yang berlebihan. Menurut dia, dia berpose dengan 10 caddy itu karena tidak mau menyakiti perasaan para EO yang memintanya untuk berfoto.

"Diminta berfoto sama direksi-direksinya, saya ikut, pas selesai terus event organizer (EO)-nya kan banyak panitia yang remaja-remaja minta berfoto ya berfoto, pak foto, pak foto. Jadi, yang mungkin kalau dilihat dari angle yang berbeda ya salah. Kalau pada minta foto saya bilang enggak mau foto ya sakit hati juga nanti dia. Kita lihat saja," ujar Jero Wacik.

Foto tiga menteri tengah bersama sepuluh caddy golf berrok mini terpampang di halaman depan Harian Rakyat Merdeka, Senin (12/3/2012). Foto tersebut diambil pada minggu (11/3/2012) di Lapangan Golf Halimperdanakusuma.

Foto tersebut diambil terkait turnamen golf untuk keselamatan kerja. Ada 196 eksekutif perusahaan yang ikut dalam acara golf yang digelar Kemenakertrans tersebut.


0 tanggapan:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda disini