Jun 20, 2009

Ketoprak

Pulang kerja sore nyampe rumah kira2 pukul 12 malam, udah bete di rumah sendirian, ga ada yang masak, maklum orang rumah lagi pulang kampung jadi gw harus prihatin dan dituntut hidup mandiri eh.. perutku mulai krubuk2 minta diisi lagi. jadi gimana dong..?? makin lama kucuekin malah menjadi2, padahal lagi asik2nya blogwalking, terpaksa deh kutangani dulu kalo nyari ke dapur pasti ga ketemu jawaban dan akhirnya gw keluar.

Selang beberapa blok dari rumah aku menemukan seonggok gerobak (kereta dorong) yg lagi jajakin dagangannya oh ternyata ketoprak, itu tuh yang kaya "kupat tahu" (kalo di jabar), dan cuma itu aja yang ada, jadi aku beli.Ketoprak merupakan makanan yang populer dijajakan terutama daerah pesisir jawa barat, terutama sekitar jakarta. makanan ini mirip juga dengan gado gado, ternyata enak juga yah apalagi kalo lagi laper..

KetoprakKetoprakKetoprakKetoprak


Cara pembuatan ketoprak:

Bahan-bahan


150 gram bihun, seduh air panas, tiriskan
150 gram taoge, seduh air panas, tiriskan
4 buah tahu putih, goreng, potong bentuk dadu
4 buah lontong, potong bulat ukuran 1 cm

Saus:
3 siung bawang putih
5 buah cabai rawit
2 buah cabai merah
50 gram kacang tanah, sangrai
2 sendok makan air asam
100 cc air panas
1 sendok teh garam
2 sendok makan kecap manis

Pelengkap:
100 gram emping goreng
1 sendok makan bawang merah goreng

Cara membuat

Saus: Haluskan bawang putih, cabai rawit, cabai merah, kacang tanah, dan garam, lalu masukkan air asam, air panas, dan kecap manis, aduk rata, sisihkan.

Letakkan lontong, bihun, taoge, dan tahu putih di atas pinggan saji, tuangkan saus di atasnya, lalu taburi dengan emping goreng dan bawang merah goreng di atasnya, sajikan.

Ukuran porsi: 4 orang




5 tanggapan:

  1. Wah pasti enak... promosikan blog anda di blog saya ... free isi formulir..

    ReplyDelete
  2. aduh,..............jadi ngiler...nih

    ReplyDelete
  3. salam sobat...wah jd ngiler lihat ketoprak,,mau dong kirimin ke ALJUBAIL.S.A

    ReplyDelete
  4. bro aku suka artikel kmu ini, krn aku dlm kondisi lapar dan aku suka bgt ketoprak tq bro krn mbwt lidahku berliur :)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda disini