Nov 6, 2012

Venus, Kucing Dengan Wajah Belang Simetris

Venus, Kucing Dengan Wajah Belang Simetris
Kucing ini dinamai venus memiliki dua warna kontras di wajahnya juga warna bola matanya yang berbeda satu sama lainnya, Kucing ini dijuluki kucing berwajah dua yang sempat menjadi buah bibir di dunia internet, wajah hewan mamalia ini seolah terbagi dua secara sempurna yakni warna bulu hitam dan calico (kekuning-kuningan).

Hewan ini memiliki keunikan yang dinamakan heterochromia yang berarti bahwa kucing ini memiliki dua bola mata yang mempunyai warna berbeda. Venus memiliki mata biru disebelah kiri dan warna hijau mata di sebelah kanannya. Kucing ini diketahui merupakan kucing peliharaan salah satu keluarga di Florida, Amerika Serikat.

Venus juga memiliki akun sendiri dibeberapa situs jejaring sosial dan juga youtube , akun jejaring sosialnya telah menarik jutaan pengunjung untuk melihat sosok dan tingkahnya setelah sang pemilik mengunggah videonya. Bahkan salah satu stasiun TV di Amerika Serikat sempat menampilkan sosok venus ini.

Leslie Lyons, seorang profesor dari University of California yang mempelajari genetika kucing domestik mengatakan bahwa ia belum pernah menemukan kucing seperti Venus. "Dia sangat langka, tapi hal ini bisa dijelaskan dan anda bisa mengerti apa yang terjadi dengan kucing ini" jelas Lyons.

Banyak yang menjelaskan bahwa venus adalah chimera, yang merupakan hewan mitologi yang mana tubuhnya terdiri dari gabungan beragam hewan, sementara kucing chimera adalah kucing yang memiliki sel yang mengandung dua jenis DNA yang dikarenakan adanya penggabungan dua embrio.

Diantara populasi kucing, kucing chimera itu sebenarnya tidak langka, kebanyakan kucing jantan memiliki kombinasi warna hitam, krem, dan kuning. Bercak bintik-bintik hitam dan oranye pada bulu kucing merupakan tanda bahwa kucing tersebut memiliki kromosom X tambahan.

Sementara pada kucing betina telah memiliki dua kromosom X, sehingga kemungkinan mereka bisa memiliki lebih dari satu warna walau tanpa harus memiliki kromosom X tambahan.

Itu artinya, venus sikucing betina belum tentu menderita chimera,lantas apa yang membuat kucing tersebut memilki dua warna secara menakjubkan di wajahnya, perlu dilakukan tes DNA untuk mengetahui kenapa Venus memiliki karakteristik seperti itu, Lyons menuturkan, sampel DNA dari masing-masing sisi wajah bisa diambil dan dianalisis.


0 tanggapan:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda disini