Oct 23, 2008

Buah Tomat

TomatJenis buah yang mudah didapat dengan harga yang cukup terjangkau dan ga kenal musim ini ternyata memiliki manfaat yang luas sebagai obat , selain dikenal sebagai bumbu masakan atau sebagai bahan jus. Kandungan bahan aktif likopen yang terdapat pada tomat masak merupakan pigmen/warna alami berwarna merah kekuningan, selain memberikan kesan indah dipandang mata, bahan likopen ini ternyata merupakan senyawa antioksidan berkemampuan tinggi yang menyebabkan asupan buah tomat berkhasiat untuk mencegah penyakit serangan jantung dan juga kanker prostat.

Menurut sejarah, buah yang berjenis tumbuhan siklus hidup singkat ini diduga berasal dari daratan tinggi pantai barat Amerika selatan, setelah Spanyol menguasai Amerika selatan selanjutnya tumbuhan ini tersebar ke seluruh bumi.

Pada awal kehadiran tumbuhan ini di lingkungan hidup manusia seperti yang terjadi di Amerika Serikat, buahnya dianggap beracun karena mengandung bahan lycopersicin, yang bersifat racun bila dimakan manusia, yang belakangan diketahui ternyata senyawa ini secepatnya akan menghilang begitu tomat menjadi masak dengan berwarna merah atau kemerahan.

Sampai tahun 1820, masyarakat AS masih menganggap kandungan racun dalam tomat sangat membahayakan sehingga timbul kepercayaan bahwa tomat bisa dipakai untuk bunuh diri bila dikonsumsi dalam jumlah banyak, sampai akhirnya salah seorang penduduk New jersey  Robert G. Johnson, sekitar tahun 1840-an, mencoba bunuh diri dengan memakan buah tomat didepan kerumunan orang banyak, sehingga penduduk kota tersebut bersiap-siap mendatangkan dokter ahli penyakit dalam untuk berjaga-jaga jika johnson benar - benar keracunan.

Tetapi apa yang terjadi ?, walau buah tomat masak sudah banyak yang dimakan, ia tetap segar bugar dan bersemangat makan buah tomat dan tidak tampak kesakitan ataupun keracunan. Hingga akhirnya sejak saat itu anggapan bahwa buah tomat mengandung racun berbahaya menjadi sirna berubah menjadi buah bermanfaat, yang banyak digemari baik dalam bentuk olahan atau pun dalam keadaan mentah dan segar.
Tomat

Untuk kaum wanita yang selalu mendambakan kulit muka selalu keliatan tetap segar dan awet muda, buah tomat masak bisa dijadikan kosmetik alami, dengan cara menghancurkannya dan dijadikan masker buatan. bahkan banyak penderita jerawat, justru lebih baik hasilnya jika disembuhkan dengan pencuci muka yang berasal dari jus tomat.

Senyawa likopen yang terdapat pada buah tomat ternyata adalah senyawa antioksidan berkemampuan tinggi,reaksi likopen sebagai antioksidan di dalam tubuh jauh di atas vitamin A, C, E, maupun mineral lain. Berbagai penelitian dibuktikan manfaat likopen. Ia sangat baik untuk mencegah kanker, terutama kanker sel epitel seperti kanker prostat, paru, kolon (usus besar), ovarium, dan payudara.

Bagi mereka yang sulit menghentikan kebiasaan merokok, dianjurkan untuk mengkonsumsi jus tomat olahan secara rutin. Perokok mengalami serangan radikal bebas yang besar sekali. Padahal, radikal bebas dari rokok juga mengakibatkan kerusakan DNA. Itu artinya perokok sangat berpotensi terkenal serangan jantung, kanker, impotensi, dan gangguan kehamilan. Dengan mengonsumsi jus tomat olahan, kerusakan DNA dapat diperbaiki.Untuk mendapatkan hasil maksimal dalam penyerapan likopen di dalam tubuh, tomat bisa dikonsumsi dengan cara dikukus terlebih dahulu barang 5-10 menit hingga kulit luarnya terkelupas, likopen tomat tidak rusak akibat dimasak ataupun dikalengkan justru malah lebih mudah diserap tubuh.

Ternyata likopen yang merupakan pigmen warna ini selain terkandung dalam buah tomat juga banyak terkandung pada lobster dan ikan salmon.




11 tanggapan:

  1. waduh..tomat kok dianggap beracun..buah enak bgd gitu..
    kesukaanku dan keponakanku..^^

    ReplyDelete
  2. susah nyari tomat seger di Batam nih..

    ReplyDelete
  3. cocok untuk perokok seperti saya dong. tapi sayang saya nggak suka tomat.
    waktu masih kecil dipaksa oleh ibu, agar saya mau makan tomat, tomat dibelah ditaburi gula pasir lalu ditutup lagi. anak kecil kan suka yang manis manis

    ReplyDelete
  4. hmmm ... pesen jus tomat 10 gelas dech ... hehehehehe

    ReplyDelete
  5. enak makan yang langsung metik dari pohon..segerrr !!

    ReplyDelete
  6. baru tau kalo tomat jg mengandung likopen. nice post boss....

    ReplyDelete
  7. untung masi ada orang yang peduli
    wah sangat masuk akal ni postingnya!

    thanks thanks thanks

    ReplyDelete
  8. wah ternyata tomat kegunaanya besar sekali ya . Baru tahu nih he..he..he

    ReplyDelete
  9. @atas

    Iya , tomat emang banyak sekali kegunaannya, saya punya duah BUAH tomat :D

    ReplyDelete
  10. asyik tomat nih buah-buahn favorit saya...

    ReplyDelete
  11. Buah tomat, segar banget. Pernah ngerasain bloody Mary belum? suka kali ya. Juice tomat ditabmah spicy jadi terasa pedes-pedes seger. thaks

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda disini