Sep 18, 2009

Khasiat lain dari Kunir

Jenis tanaman rempah yang tidak asing lagi terutama di mata ibu2 yang doyan masak , Kunir atau kunyit atau koneng, biasa dipake sebagai zat pewarna alami terutama pada saat even2 tertentu pada pembuatan nasi kuning,tumpeng atau sebagai pewarna pembuatan tahu kuning, ternyata masih banyak manfaat dan khasiat lain dari tanaman ini.

Kebiasaan paraji lembur atau bidan desa sebelum memotong tali ari bayi yang baru lahir, membersihkan pisau menggunakan kunir dengan cara digosok-gosokan, yang sekarang digantikan fungsinya dengan larutan alkohol 65-80%. Maksudnya adalah kalau pada pisau pemotong tersebut terdapat bakteri atau jasad mikro lainnya penyebab infeksi, akan dapat dihilangkan dengan rimpang kunir ataupun larutan alkohol. komponen rimpang kunir memiliki kemampuan untuk menghambat atau membunuh mikroba, sama seperti larutan alkohol.



Kehadiran irisan,serbuk atau ekstrak kunir didalam makanan atau minuman adalah dimaksudkan untuk:
1. Pengawet, karena kunir dapat menghambat/membunuh bakteri atau jasad lain penyebab busuk, penghasil bau tidak sedap dan lain sebagainya, sehingga untuk beberapa hari makanan tersebut akan aman.

2. Penhilang rasa amis (sunda:hanyir) misal dari ikan, dan

3. Peningkat nilai organoleptik (rasa,aroma, dan warna) makanan sehingga lebih lezat, lebih baik dan lebih menarik.

Kandungan komponen pada rimpang kunir secara umum adalah: minyak atsiri (sekitar 3%) , mengandung furmerol, sineol, zingiberin,borneol, karvon dan kurkumon kurkumin. dengan senyawa2 tersebut jangan heran kalau kunir mempunyai kemampuan berkhasiat obat, untuk:

1. Obat luar, seperti untuk penyakit cacar, obat luka, eksim sampai ke obat otorrhoea (telinga bernanah). juga sebagai inhaler dalam bentuk uap godogan rimpang kunir, yang dapat menyembuhkan radang selaput hidung atau flu atau penyumbatan lubang hidung.

2. Obat dalam, diminum dalam bentuk air godogannya, seperti untuk diuretikum (memperlancar aliran air seni) obat diare, serta penambah nafsu makan, bahkan untuk gangguan penyakit maag, perut kembung hingga hipertensi (tekanan darah tinggi).

3. Sebagai antiseptik untuk mensterilkan pisau pemotong tali ari bayi yang baru lahir.

4. Sebagai tonik, untuk memulihkn dan meningkatkan kerja tubuh akibat sakit atau usia lanjut.





sumber: buku obat mujarab


3 tanggapan:

  1. ini dia jamu2 tradisional bermanfaat penuh tanpa effect samping...great info.

    interest programming? visit my blog, read and leave comment
    All About Computer

    ReplyDelete
  2. Sering makan singkong rebus tanpa garam disertai minum madu + kunyit tiap hari cukup baik mengatasi maag. Dan jaga kestabilan dr perasaan dan pikran. jng makan / minum pedas , masam, kurangi garam-2an. lakukan olah raga ringan.

    ReplyDelete
  3. Numpang promo :
    Jual Hasil Nusantara, meliputi :

    1. Kunir Kuning Basah (Bersih) =1500/kg
    2. Kunir Kuning Kering (Rajangan)=12000/kg
    3. Jahe Merah=15000/kg
    4. Jahe Emprit=5000/kg
    5. Jahe Gajah=6000/kg
    6. Temulawak (Basah)=2000/kg
    7. Temulawak (Kering)=10000/kg

    Alamat :
    Jl. Karang Menjangan VIII - 5 SURABAYA
    085755134432
    031-40066063

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda disini