Sep 4, 2008

Calo elit

Desas desus orang orang disekitarku udah santer pada ngomongin masalah caleg, caleg itu apaan sih ?? caleg itu adalah orang2 yang punya cita2 ingin dekat dan duduk bareng dengan orang2 nomor satu (orang2 nomer satu disini maksud nya apa saya ga tau)atau juga caleg itu bisa diartikan sebagai calon korban dari keserakahan nafsu bejatnya sendiri (mudah mudahan ga semua caleg berjenis seperti ini).

Ngomongin masalah caleg jadi inget ama temenku, mungkin 10,8 atau 7 tahun lalu saya dah lupa, waktu itu dia kerja bareng dengan ku dia operatorku yang kerjanya tiap hari ngitungin material per lotnya berapa, terus lot mana yang mau di proses di mesin sambil ditulis di checklist setiap terjadi sesuatu di mesin atau di materialnya, terus setiap akhir jam kerja di kumpulin tuh checklist ama leadernya.

Singkat kata singkat cerita setahun dia resign kudenger dia jadi aktivis di salah satu partai politik indonesia tapi masih level daerah sih, saya sih ikut seneng aja kalau dia punya keinginan untuk belajar membela rakyat(rakyat yang mana yah..) tapi kebetulan saya pribadi sih kurang begitu suka dengan hal2 yang berbau keorganisasian dan memang ga punya bakat. aih aih tak lama kemudian setelah berkutat kutat di organisasi kudengar kabar lagi kalo dia udah kepilih jadi anggota legislatif hiks.. ko cepet kali rasanya katanya sih ada bangku kosong yang mestinya terisi jadi dia dipercaya untuk ngisi. duh jadi pengen gatel nih kaki..
Sukur deh kalau dia mau belajar menjadi seorang wanita intelek (disingkat walek alias wanita melek) yang akhirnya dipercaya menjadi seorang waleg (wanita legislatif).saat itu baru kali itu aku punya temen bisa gituh nasibnya mujur.

Ada cerita lain lagi, saat itu aku masih skul di bandung , tiap pulang skul temen2ku sering ngajakin main jalan2 keliling kota kadang jalan kaki atau naik angkot kadang juga naik mobil gratisan yang kebetulan lewat dan mau ditumpangi padahal sebelumnya aku sendiri tiap pulang skul langsung pulang kerumah ga pake terminal dulu alias kuper.Siang itu ditengah kesibukan macetnya jalan raya kota aku dikejutkan dengan segerombolan orang yang tengah berkerumun seolah ada sesuatu yang menjadi pusat perhatian orang2 tersebut dan hal itu membuatku jadi penasaran ada apakah gerangan ?? dari jauh terdengar suara orang sedang memamerkan sesuatu yang ternyata berasal dari pusat kerumunan orang2 tersebut 'dipilih...dipilih.. dipilih..." teriak orang tersebut dengan lantangnya menggunakan alat pengeras suara ,semakin kudekati semakin keras suara itu dan akupun semakin penasaran, setelah berhasil nyusup sana sini akhirnya berhasil aku berada tepat didepan orang yang sedang berteriak teriak tersebut, sejenak aku ga ngerti ngapain nih orang "obat kuat... obat kuat malu...obat anti miskin .... dst"dengan semangatnya orang tersebut meneriakkan yel2 nya, akhirnya aku paham orang tersebut ternyata tukang obat yang sedang menawarkan barang dagangan dengan harapan ada yang tertarik dan membelinya.

Kita kembali ke caleg, sepintas sih ga ada bedanya antara tukang obat jalanan tsb dengan caleg,cagub,cawagub atau sebangsanya paling yang membedakan dari segi penampilannya aja dan dari misi yang mereka bawa yang satu koar2 utuk nyari sesuap nasi yang satu lagi koar2 untuk nyari segudang berlian.( modalnya sih ga banyak katanya sih paling dikit cuma rp.300juteng..)

Fenomena terakhir berdasarkan sepengetahuan saya, yaitu banyak parpol yang merasa kesulitan mencari para kandidat yang berpotensi mendapatkan suara terbanyak dan layak untuk tampil menjadi perwakilan mereka diajang bergengsi "calo elit idol", yang akhirnya tanpa basa basi mengambil cara pintas dengan menggusung para artis yang sudah tidak diragukan lagi kepopulerannya untuk mau bergabung dan beralih profesi menjadi kandidat parpol mereka, dan memang dengan trik ini hasilnya sudah terbukti lumayan tokcer tapi entah dengan kualitasnya.



* ssssttt....puasa puasa ko ngomongin orang, dosa tau...!!!




5 tanggapan:

  1. banyak orang latah jadi caleg
    tanpa didukung kualitas intelektual dan kesiapan material memadai
    orang jd caleg sekalian pengen dapet pekerjaan
    karena skrng mereka pengangguran

    ReplyDelete
  2. daripada caleg2 yg ada skrng
    mending dewi aja jd caleg
    kl dewi jd caleg, gue sumbang 1 suara

    ReplyDelete
  3. Semoga para caleg itu, benar untuk mengabdi dan memperjuangkan kepentingan rakyat.

    ReplyDelete
  4. cape' ngomongin politik, biarin aja siapa yg mo jd caleg, mo artis kek, pengangguran kek, tukang becak kek, sekalian aja anak TK disuruh jadi caleg, , sama aja koq, Indonesia tetap begini2 aja...
    Atau lebih baik gak usah ada caleg2an lah (kan gak perlu bayar gaji kalo gtu.
    Abis jadi caleg gak ada standardnya.. Coba dibuat tu standardnya, harus hapal UU, Jago computer, IQ & TOEFL tinggi, hapal kita suci (disesuaikan dgn agamanya pasti), Communication, Management & Leadership OK, Low profile, dkk de... and harus ikut ujian dulu sebelum jadi caleg.
    CUMI (Cuma Mimpi!!)

    ReplyDelete
  5. wah setuju bgt ama neen4, krn udah ga ada standarnya, jadi kualitasnya jelek2 (rata2 lho ya)

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar anda disini