Nov 9, 2012

5 Petinju Sukses Yang Terjun Ke Dunia Politik

5 Petinju Sukses Yang Terjun Ke Dunia PolitikManny Pacquaio
Berbagai alasan orang dikala sudah merasa jenuh atau sudah mencapai puncak kejayaan di satu bidang berpindah ke bidang lainnya yang belum pernah ia geluti sebelumnya, entah untuk mencari tantangan baru dan pengalaman baru atau alasan lainnya.

Ada beberapa orang petinju yang sempat sukses dengan prestasi se-abrek lantas dia pindah ke bidang politik disaat dia sudah tak bertarung lagi di ring tinju. Walaupun kedua bidang ini hampir gak ada hubungannya, namun ada kesamaan dalam hal bagaimana mengatur strategi untuk menghadapi lawan-lawannya.

Hal itu bisa dijadikan acuan untuk mendorong para petinju kondang sejagat ini untuk terjun ke dunia politik. Diantara para petinju tersebut diantaranya.


John McCain
John McCainSeorang senator senior Amerika untuk wilayah Arizona, pernah menjadi kandidat presiden dari partai Republik di pilpres tahun 2008 As, namun dia kalah dari lawannya Barrack obama dari partai Demokrat.

John McCain mengikuti jejak ayah dan kakeknya pernah bergabung di bidang militer selama 22 tahun  tepatnya di angkatan laut amerika serikat. Ketangguhannya telah teruji saat ia pernah menjadi tawanan perang di Vietnam, dia pun dikenal sebagai petinju handal di kelas ringan di US Naval Academy.

Meski kini ia telah terjun ke dunia politik dan sudah 25 tahun sebagai senat , namun dia seorang penggemar berat olahraga tinju. Sebagai kecintaannya terhadap tinju ia terapkan saat menyusun Undang-undang keselamatan tinju profesional.


Theodore Roosevelt
Theodore RooseveltTheodore Roosevelt adalah seorang presiden Amerika Serikat yang ke-26 berkuasa dari 1901-1909, sebelum itu saat masih kuliah di Universitas Harvard ternyata dia sangat hobi dengan tinju sehingga ia menjadi seorang petinju handal saat itu. terbukti kecintaannya terhadap tinju saat tinggal di gedung putih Roosevelt sempat membuat secara khusus sebuah ring tinju di gedung mewah tersebut.


Vitali Klitschko
Vitali KlitschkoSeorang petinju kelas berat yang terkenal garang dengan ketinggian badannya yang mencapai 2 meter. Dia telah memenangkan 41 dari total 47 pertandingan dengan kockout (KO).

Kini Klitschko mulai serius di dunia politik di negaranya, dengan tujuan ingin memberantas korupsi yang telah mendarah daging di Ukraina, ia mencoba peruntungannya untuk maju di pemilu untuk menduduki kursi parlemen di Ukraina 28 Oktober 2012.


Alexis Arguello
Alexis ArguelloSosok petinju yang punya julukan sebagai The Explosive Thin Man dikenal sebagai petinju terbaik di kelas ringan junior menurut majalah Ring Magazine. Walau dia punya berat badan 135 pounds namun ia pernah mengkanvaskan lawannya yang ukuran tubuhnya dua kali lebih berat dari badannya.

Arguello terjun ke ranah politik di negaranya Nicaragua, ia bergabung di partai Sandinista National Liberation Front (FSLN). Dia terpilih menjadi wakil walikota Managua tahun 2004, yang akhirnya membawanya terpilih menjadi walikota ibukota Nicaragua, Managua, 8 November 2008 setelah menang tipis dalam pemilu dengan mengantongi suara 51.30%.

Petinju berusia 57 tahun ini mundur dari ring pada 1995 dengan rekor 82 kali menang, delapan kali kalah dan menang KO 65 kali. Arguello merupakan petinju keenam yang menyandang tiga gelar di kelas berbeda dan masuk dalam "International Boxing Hall of Fame" pada 1992.

Pada tanggal 1 July 2009 lalu ia ditemukan tewas, Menurut sumber internal kepolisian, kematian tiga kali juara dunia ini diduga karena tembakan senjata api.


Manny Pacquiao

Manny PacquiaoEmmanuel Dapidran Pacquiao atau Manny Pacquiao, adalah seorang petinju profesional asal Filipina yang melenggang di kancah dunia dengan menyabet berbagai gelar juara dunia yang membuatnya jadi dikenal masyarakat dunia khususnya para penggila tinju.

Manny Pacquiao yang dijuluki 'Pacman' ini menjadi petinju pertama didunia yang berhasil memegang juara dunia di delapan kelas berbeda. Yang menarik dari petinju ini walaupun dia itu saat didalam ring memiliki gaya bertarung kidal dan memiliki pukulan tangan kiri mematikan, namun dalam keseharian ternyata dia bukan seorang kidal. Manny Pacquaio adalah seorang right-handed dalam kesehariannya.

Kini ia terjun ke dunia politik di negaranya, pada 13 Mei 2010 ia menjadi anggota kongres di distrik Sarangani, dia juga memenangi pilkada dengan kemenangan mutlak. Dan dia juga punya rencana untuk maju sebagai gubernur Provinsi Sarangani pada pemilihan 2013 mendatang.


0 tanggapan:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar anda disini